Friday, February 6, 2015

Jika tidak Hati hati Flu Singapore Berakibat Fatal Pada Balita Anda

Jika tidak Hati hati Flu Singapore Berakibat Fatal Pada Balita Anda begitu judul curhatan saya diblog http://balitasehat101.blogspot.com dan sebelum berlanjut saya perlu menyampaikan maaf karena judul diatas terkesan mengancam terhadap kondisi kesehatan anak balita kita, tetapi itulah kenyataannya. Katakanlah kebenaran walaupun itu pahit begitu ajaran nabi Muhammad saw terhadap kaumnya.

Flu singapore atau yang sering kita kenal dengan penyakit kaki tangan dan mulut (KTM) sangat sering menyerang pada anak balita yang berumur 1 hingga 5 tahun bahkan beberapa kasus hingga sampai 10 tahun. 

Kejadian ini terjadi sekitar 2 tahun yang lalu, pada saat liburan sekolah tiba kami dengan 2 orang anak, mas nya si Agha berumur 6 tahun dan adiknya Ahza lagi menginjak 2 tahun lebih pergi untuk silaturahmi keorang tua yang ada di Gresik Jawa Timur. Sekali dayung 2 3 pulau terlampui, begitu pepatah bilang untuk mencapai beberapa tujuan dengan sekali jalan, hemat dan efisien. Ya.. karena kebetulan pada saat itu adik juga menikah sehingga pas waktunya untuk mudik liburan, sambil silaturahmi ke kerabat juga menghadiri pernikahan adik.

Saat itu lagi musin kemarau, Gresik kota pesisir pantai terkenal panas dibandingkan tempat tinggal kami sekarang di semarang atas, katanya sih masuk kota semarang tetapi sebenarnya jauh dari perkotaan agak masuk kedalam tempat tinggal kami.. ndeso begitu kami menyebutnya hehe...meskipun agak pelosok akan tetapi sinyal komunikasi sangat bagus pun dengan speed internetannya up to 7Mbit, sehingga untuk menulis curhatan di blog ini kesampaian tanpa ada suatu hambatan. Terimakasih Telkomsel untuk sinyal kuatnya.
Pada saat hari H-2 pernikahan adik di Gedung Semen Gresik, anak kami yang paling kecil, Ahza umur 2 tahun lebih mengalami demam dan nafsu makan berkurang. Duh pusing kalo anak kita lagi sakit, apapun akan dilakukan untuk segera sehat dan ceria kembali. Karena masih sehari, kami tidak pergi ke dokter untuk pemeriksaan, menunggu dengan memberikan penurun panas anak dengan harapan sembuh. dan esoknya harinya, di dalam mulut anak kami muncul bintik bintik merah seperti sariawan sehingga menyulitkan untuk makan dan minumpun susah.

Keceriaan anak merupakan keceriaan orang tua, kebahagiaan anak pun kebahagiaan kedua orang tua dan sakitnya anak balita bisa bisa sekampung orang merasakannya. Ya... agak lebay dikit karena memang seperti itu keadaannya jika anak sakit, orang tua yang paling bingung. 



Foto Ahza lagi kena flu singapore atau KTM

Dari hasil pemeriksaan ke dokter spesialis anak terdekat, Dr Barkah di perumahan Gresik Kota Baru diketahui kalo anak kami terserang virus flu singapore atau sering disebut sebagai penyakit kaki tangan dan mulut (KTM).  Menangis salah satu cara anak kami untuk melampiaskan rasa sakit. 

Alhamdulillah... sebelum melakukan perjalanan mudik, kami selalu membawa tas ajaib kami, begitu kami menyebut sebagai kotak obat. Tempra, penurun panas, obat diare, antimo anak jika anak anak mengalami mual muntah selama perjalanan dan satu box yang tidak boleh terlewat Propolis. Propolis produk dari Melia Sehat Sejahtera ini sangat manjur untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. Kami selalu sedia propolis karena kami distibutor dari produk melia sehat sejahtera ini. Jika membutuhkan bisa order disini atau sms ke no 0812.205.80808 perbox Rp 385.000 isi 7 botol.

Box Melia Propolis
Melia Propolis selalu tersedia dikotak obat

Cara pengobatan pada flu singapore pun sangat mudah tinggal diteteskan kedalam air putih kemudian diminumkan. Dikarenakan kondisi Ahza sudah terserang flu singapore, susah makan, demam sehingga takaran dosisnya kami naikkan 7-10 tetes. Kami tiap beberapa jam sekali diminumkan atau diteteskan langsung ke mulut. 

Pada saat acara resepsi pernikahan adik di Gor Semen Gresik, Alhamdulillah... Allah swt memberikan tanda tanda kesembuhan kepada anak kami, sudah mulai minta makan dan minum meskipun terasa perih dan pedih, hehe.. kasihan juga sampai mulutnya susah untuk menutup, hingga acara resepsi usai dan anak kami beserta sepupunya pada berlarian untuk sekedar foto maupun bercanda berbagai keceriaan. Alhamdulillah.... 


Gejala Flu Singapore pada anak balita
Seperti yang sudah terjadi pada balita kami, gejalanya diawali dengan demam selama 2-3 hari, munculnya bintik bintik merah dimulut seperti sariawan yang mengakibatkan susah makan. Dan juga munculnya ruam kemerahan di sekitar telapak tangan dan telapak kaki. Ini kenapa dinamakan sebagai penyakit kaki tangan mulut.

Cara Penularan Flu Singapore  pada balita
Kami juga penasaran koq bisa anak balita kami terkena penyakit flu singapore, darimana penyebab tertularnya penyakit karena dianggota keluarga tidak ada yang terserang flu singapore. Akan tetapi dari informasi tetangga sebelah, memang lagi mewabah penyakit flu singapore sebelum kedatangan kami di Gresik. Ya.. penyebab dari penyakit ini adalah virus yang penyebarannya bisa melalui udara, air liur bersin yang kemungkinan anak kami pada kondisi yang kurang prima dikarenakan sehabis perjalanan jauh.  Daya tahan tubuh menurun sehingga memudahkan virus dan bakteri menyerang pada anak balita kita.

Komplikasi 
Pada kondisi tertentu meski kecil prosentase nya orang tua tetap waspada dan berhati hati terhadap komplikasi flu singapore yang bisa mengancam jiwa balita anda. Demam tinggi yang tidak kunjung turun, denyut nadi cenderung cepat, diare terus menerus yang mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh pada anak dan gangguan kesadaran. Jika kondisi berlanjut segera bawa ke rumah sakit terdekat dikota anda.

Dan insyaAllah dengan penanganan dini terhadap flu singapore tidak akan menyebabkan komplikasi lebih lanjut karena kami selalu sedia Propolis promosi sedikit hehe... hayuuu buat mama, bunda sediakan propolis dikotak rumah kita, jangan lupa order ya... sms ke no 0812.205.80808 



Jika tidak Hati hati Flu Singapore Berakibat Fatal Pada Balita Anda Reviewed by danish agha on Friday, February 6, 2015 Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment